Kamis, 17 Juli 2008

FAKTA TUBUH KITA

Bisa jadi ada fakta tentang bagian tubuh yang belum kita kenali. Mari kita mengenal tubuh kita sendiri.

Mulai dari otak. Saraf otak 1.400 kali lebih njlimet dan rumit dibandingkan dengan jaringan telepon di dunia. Begitulah riset dari ahli saraf yang membandingkannya dengan suasana telekomunikasi dewasa ini.

Otak sendiri mengandung 10 miliar sel saraf dengan kondisi lebih rapat daripada jaringan lain. Sel-sel saraf mampu merekam 88 juta bit informasi (setara dengan 12,5 triliun huruf). Wah, kira-kira seberapa tebal kalau dipindahkan ke kertas ukuran folio dengan spasi ganda? "Tiga puluh tiga miliar helai," kata yang mengukurnya. Pada otak kita terjadi ratusan ribu kali reaksi kimia. Tiap reaksi punya tugas dan fungsi berlainan dengan aktivitas tubuh.

Sering bersin? Berapa kecepatan partikel yang terlontar saat kita bersin? Sekitar 165 km per jam! Bayangkan kalau Anda mengendarai atau menumpang kendaraan secepat itu. Pasti jantung deg-degan! Padahal, ketika berusia 50 tahun, jantung kita sudah melakukan kerja pompa setara dengan kerja mengangkat puluhan ribu ton barang dengan tinggi ratusan kilometer.

Namun, organ yang paling sibuk tenggorokan. Lewat saluran ini puluhan ton makanan dan minuman masuk ke tubuh manusia normal. Juga jutaan kubik oksigen.

Masih banyak fakta angka yang membelalakkan mata:

*
Sel darah merah yang berusia empat bulan telah melakukan perjalanan sejauh sekitar 1.600 km.
*
Tiap inci kubik tubuh terdapat 32 juta bakteri. Saat terjadi perang antara si ganas dan si jinak, bila si jinak menang, kita sehat.
*
Tiap cm2 kulit mengandung 100 kelenjar keringat, 13 kelenjar minyak, 17.000 ujung saraf, 11 kantung rambut, 1 m pembuluh.
*
Tiap jam tubuh melepaskan 600.000 partikel kulit setara 2 g per hari.
*
Tiap hari rambut kita hilang antara 45 dan 60 helai. Tidak terasa memang, sebab rambut kita jumlahnya sekitar 125 ribu helai.

Tidak ada komentar: